Ka.Kankemenag: Keberangkatan Haji Tunggu MOU Penetapan Kuota Haji Indonesia

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan bahwa skenario keberangkatan haji tahun 2022 / 1443 H bagi jemaah haji Indonesia masih menunggu Memorandum of Understanding (MoU) antara pemerintah Indonesia dengan kerajaan Arab Saudi tentang Penerapan Kuota Haji Indonesia.

 

"Bila MoU telah terbit, baru Kementerian Agama mengeluakan Keputusan Menteri Agama (KMA) tentang Penetapan Kuota Haji Indonesia untuk selanjutnya dilakukan pembahasan serta penetapan besaran biaya penyelenggaraan haji bersama Komisi VIII DPRD RI," ujarnya saat memberikan materi terkait Kebijakan Haji Tahun 2022 dan Skenario Keberangkatan pada acara Sosialisasi Kesehatan Calon Jemaah Haji Kab. Balangan Tahun 2022/1443 H di Aula Mayang Maurai, Senin (28/3/22).

 

Saribuddin menjelaskan bahwa sejatinya Arab Saudi telah memberikan lampu hijau terkait keberangkatan haji karena pemerintah Arab Saudi telah mencabut sejumlah aturan yang selama ini diberlakukan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. "Kebijakan tersebut antara lain menghapus keharusan PCR dan karantina karena semakin membaiknya penanganan Covid-19 dan program vaksinasi yang sudah dilaksanakan pada setiap negara," tambahnya.

 

Lampu hijau tersebut terang Saribuddin disamput positif oleh pemerintah Indonesia dimana Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia datang dan bertemu langsung dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi di Kantor Kementerian Haji dan Umrah, Jeddah, Arab Saudi, dimana Menag menegaskan Indonesia siap melaksanakan haji dan memohon agar segera ada kepastian kuota dari pemerintah Arau Saudi.

 

"Semoga tahun ini dimudahkan jalan, jemaah Indonesia mendapatkan kouta sehingga dan jamaah haji kita, khususnya jamaah kabupaten Balangan yang sudah dua tahun tertunda keberangkatannya bisa berangkat haji pada tahun ini," harapnya.

 

Acara sosialisasi tersebut digelar oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Balangan dan diikuti oleh ratusan calon jemaah haji Kab. Balangan Tahun 2022.

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments