Bulan Ramadhan, Ka.Kankemenag Anjurkan ASN Perbanyak Amalan

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I meminta kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN)  dan umat Islam pada umumnya untuk meningkatkan amalan di bulan Ramadhan dan mengisinya dengan kegiatan seperti salat tarawih, i'tikaf, tadarus Al-Qur'an, pengajian, zakat, infak, sedekah, dan wakaf.

 

"Tahun ini umat Islam bisa kembali melaksanakan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri setelah pada dua tahun sebelumnya dilakukan dalam keterbatasan dikarenakan kondisi pandemi. Laksanakan segala ibadah sesuai dengan syariat Islam dengan tetap memperhatikan prokes dalam pelaksanaannya," ujarnya dimintai keterangan saat ditemui di ruang kerjanya pada Senin (4/4/22).

 

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia No SE 08 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyelenggaraan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H, dikatakan bahwa pejabat dan ASN dilarang mengadakan kegiatan buka puasa bersama, sahur bersama serta open house Idul Fitri. Saribuddin berharap ASN mematuhi aturan tersebut dan bisa menempatkan diri apabila nantinya mendapat undangan baik undangan buka puasa bersama secara langsung ataupun sebagai pembaca doa atau penceramah di acara buka puasa bersama.

 

"Meski begitu, masyarakat umum dapat menyelenggarakan kegiatan buka puasa bersama, sahur bersama serta open house Idul Fitri dengan syarat tetap harus memperhatikan prokes. Jadi tahun ini sudah ada beberapa kelonggaran, dengan harapan esensi bulan Ramadhan lebih mendalam dan masyarakat dapat menjalani ibadah secara lebih khusyu dan menghayati," tambahnya.

 

Selanjutnya Saribuddin menghimbau kepada para mubaligh dan penceramah agama untuk dapat berperan memperkuat nilai-nilai keimanan, ketakwaan, persatuan, kerukunan, kemaslahatan umat, dan kebangsaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui materi dan bahasa dakwah yang bijak dan santun sesuai dengan tuntunan Al-Qur'an dan As Sunnah, serta tidak mempertentangkan masalah khilafiyah.

 

"Saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramdahan bagi seluruh umat Islam, khususnya yang berada di Kab. Balangan, semoga berkah Ramadhan tetap ada di hati kita dan menerangi jiwa kita semua," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments