Ketua DWP Ajak Guru Madrasah Selipkan Pesan Moderasi Beragama dalam Materi Ajar

 



Pelaihari (Kemenag Balangan) - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Hj. Siti Aminah Saribuddin mengajak para guru di madrasah untuk menyelipkan pesan moderasi beragama dalam tiap pelajaran demi menanamkan sikap toleransi dalam diri peserta didik kepada sesama semenjak dini.

 

"Banjir informasi yang tak tersaring dan derasnya internalisasi pengetahuan instan kepada para peserta didik, termasuk pengetahuan keagamaan,  dapat menganggu benteng pertahanan kebersamaan dan tenun kebangsaan. Disini guru madrasah diharapkan bisa membantu menjaga agar benteng kebersamaan tersebut tetap bisa berdiri kokoh dengan memberikan pemahaman moderasi beragama kepada siswa," ujarnya usai mengikuti Ngobras atau Ngobrol Santai Bareng Hj. Eny Retno Yaqut Cholil Qoumas dengan Tema Merawat Keberagaman dan Moderasi Beragama di gedung PTT Ainun Habibie Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Tanah Laut, Kamis (31/3/22).

 

Aminah menyatakan bahwa guru sejatinya merupakan aktor penting dalam penguatan moderasi beragama pada anak didik sehingga dibutuhkan partisipasi aktif serta dukungan dari seluruh satuan kerja di lingkungan Kemenag.

 

"Diharapkan kedepannya madrasah dapat menghasilkan para siswa dan lulusan yang memiliki sikap dan perilaku toleran, mengakui atas keberadaan pihak lain, menghormati perbedaan pendapat dan tidak memaksakan kehendak dengan cara kekerasan serta beriman dan bertakwa dengan menerapkan moderasi beragama dimanapun berada," ungkapnya.

 

Sementara Penasihat DWP Kemenag RI Eny Yaqut Cholil Qoumas dihadapan para siswa MAN IC yang berhadir sebagai peserta berharap  agar para siswa bisa menanamkan sikap moderasi beragama di dalam diri serta menularkannya kepada sesama teman. 

 

"Kalian semua adalah anak-anak penerus bangsa yang luar biasa, lanjutkan perjuangan merawat keberagaman yang ada di Indonesia dengan menjaga kerukunan dan menanamkan sikap toleransi kepada sesama," pesannya.

 

Selain Penasihat DWP Kemenag RI, berhadir pula dalam kegiatan Ngobras secara langsung Ketua DWP Kanwil Kemenag Kalsel beserta pengurus, Ketua DWP KanKemenag Kab/Kota se Kalimantan Selatan, siswa-siswi MAN IC Tanah Laut, serta dewan guru dan tenaga kependidikan MAN IC Tanah Laut.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments