Ka.Kankemenag: Pemutakhiran Berkelanjutan Pastikan Data Pemilih Akurat dan Akuntabel

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan melalui Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Drs. H. Wahid Noor Fajeri menyatakan bahwa pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan harus sesuai dengan perkembangan data kependudukan yang ada untuk memastikan kualitas data pemilih tetap akurat dan akuntabel.

 

"Sinkronisasi dan verifikasi data pemilih dalam setiap tahapan harus terus dilakukan agar tidak terjadi permasalahan meskipun tidak sedang melaksanakan pemilihan maupun Pemilu," ujarnya saat menghadiri Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih perkelanjutan Triwulan I Tahun 2022 di Aula Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Balangan, Selasa (05/04/22).

 

Menurut Wahid pergerakan data masyarakat sangat dinamis dan setiap saat ada perubahan dari penduduk, misalnya ada pemilih yang meninggal dunia, ada pemilih yang baru berusia 17 tahun sehingga telah memenuhi syarat sebagai pemilih, ada perubahan identitas dari TNI/POLRI menjadi pensiunan, atau mungkin terjadi mutasi penduduk.

 

"Semua hal tersebut harus diperhatikan demi menghindari terjadinya berbagai pelanggaran bahkan kecurangan, dimana salah satu yang sering ditemui adalah penyalahgunaan hak pilih. Sehingga  pemutakhiran daftar pemilih ini penting untuk menjamin hak politik warga negara yang harus dibarengi juga dengan upaya pemerintah menjamin rasa aman dan ketentraman pemilih pada saat menggunakan hak suaranya," jelasnya.

 

Sementara Ketua KPU Kab. Balangan Saripani menyatakan bahwa pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan bertujuan untuk memperbaharui data pemilih seperti menambahkan pemilih baru yang belum terdaftar di daftar pemilih, melakukan pencoretan terhadap pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat dan perubahan elemen data pemilih di Kabupaten secara berkelanjutan.

 

"Dari rapat diperoleh Daftar Pemilih Berkelanjutan Periode Maret Tahun 2022  dengan jumlah sebanyak 91.921 dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 45.877 orang dan pemilih perempuan berjumlah 46.044 orang yang tersebar di 8 Kecamatan di Kab. Balangan," simpulnya.

 

Selain Ka.Kankemenag, rapat koordinasi dihadiri pula oleh KPU Kalsel, Polres Balangan, Kejaksaan Negeri Balangan, Bawaslu Kab. Balangan, Badan Kesbangpol Kab. Balngan serta perwakilan partai politik se-Kab. Balangan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments