Ka.Kankemenag: Mualaf Perlu Bimbingan Baca Tulis Al-Qur'an

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan bahwa seorang mualaf perlu mendapatkan bimbingan dalam pembelajaran tilawah Al-Qur'an agar keimanan yang dimiliki tidak hanya terbatas sampai pengucapan syahadat, namun dalam praktek keagamaan lainnya yang sebagian besar berhubungan dengan baca tulis Al-Qur'an.

 

"Mualaf kita harus dibina, paling minimal harus memiliki akses untuk melihat dan menyentuh Al-Qur'an. Namun di lapangan masih kita dapati beberapa saudara mualaf kita yang belum memiliki Al-Qur'an, dan ini harus kita perhatikan," ujarnya saat menerima kunjungan dua orang mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin di ruang kerjanya pada Senin (04/04/22).

 

Saribuddin selanjutnya menyatakan bahwa Kemenag Balangan melalui Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam siap memberikan bantuan Al-Qur'an agar dapat menjadikan mualaf sebagai seorang insan yang agamis dan muslim yang kaffah, serta senantiasa lebih dekat dengan Al-Qur'an.

 

"Terlebih sekarang kita berada di bulan Ramadhan, semoga menjadi ajang bagi setiap muslim, baik mualaf maupun muslim lainnya, untuk memperbanyak ibadah dan menambah keimanan kita salah satunya melalui tilawatil Qur'an," harapnya.

 

Muhammad Yusril Nizar, perwakilan mahasiswa KKN yang datang mengatakan bahwa sewaktu menjalani KKN di Desa Binuang Santang Kec. Halong, ditemui kurang memadainya sarana untuk belajar Al-Qur'an bagi para mualaf, baik dalam bentuk buku Iqra' maupun AL-Qur'an itu sendiri.

 

"Kami ucapkan terima kasih kepada Kemenag Balangan yang telah menyambut dengan tangan terbuka permohonan bantuan Al-Qur'an kami. Semoga menjadi ladang ibadah bagi kita semua," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments