Kasi PHU: Saudi Izinkan 1 Juta Jamaah Berhaji Tahun 2022

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Fahmi Wahid, M.MPd memberikan kabar gembira bahwa Pemerintah Arab Saudi memberikan izin keberangkatan haji Tahun 2022 M/ 1443 H bagi 1 juta jemaah.

 

"Berdasarkan surat pengumuman dari Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, dijelaskan bahwa tahun ini haji dibuka untuk masyarakat muslim di seluruh dunia dengan jumlah kuota total 1 juta orang," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Senin (11/4/2022).

 

Kuota 1 juta jemaah yang yang dimaksud menurut Fahmi adalah 1 juta jemaah sedunia, yang termasuk di dalamnya jemaah Indonesia.

 

"Haji tahun ini terbuka untuk mereka yang berusia di bawah 65 tahun dan telah menerima vaksinasi lengkap Covid-19 yang disetujui Kementerian Kesehatan Saudi. Sementara bagi jemaah yang berasal dari luar Kerajaan maka wajib menyerahkan hasil tes PCR negatif Covid-19 yang dilakukan dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan ke Arab Saudi," tambah Fahmi.

 

Menanggapi keputusan tersebut, Fahmi menyatakan bahwa berapapun kuota yang diperoleh Indonesia dan Kab. Balangan pada khususnya, maka Calon Jemaah Haji (CJH) Kab. Balangan siap untuk berangkat serta memenuhi persyaratan yang telah ditentukan Arab Saudi.

 

"Semua dokumen telah siap. Kita doakan bersama Indonesia akan mendapatkan kuota yang memadai, agar jemaah tunda kita khususnya dari Kab. Balangan bisa berangkat haji setelah sebelumnya memendam kerinduan yang  mendalam untuk pergi ke tanah suci," harapnya.

 

Sebelumnya Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kerajaan Arab Saudi yang memberikan kesempatan tahun ini bagi jemaah Indonesia untuk memenuhi panggilan beribadah haji.

 

"Kita akan optimalkan berapapun kuota nanti yang diberikan untuk Indonesia. Bahkan, kalau bisa kita akan upayakan agar Indonesia bisa mendapat tambahan, misalnya dari kuota negara lain yang tidak terserap," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments