Jelang Keberangkatan, JCH Balangan Laksanakan Praktek Manasik Haji

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Sebanyak 82 orang Jamaah Calon Haji (JCH) asal Balangan yang akan berangkat tahun 2022/1443 H mengikuti praktek manasik haji di halaman Mesjid Al Akbar Balangan, Senin (30/05/22).

 

Pelaksanaan tersebut dilakukan dengan fasilitas yang sudah disesuaikan dengan kondisi di Tanah Suci seperti miniatur Ka'bah, lemparan jumrah, serta lintasan sa'i.

 

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. M. Fahmi Wahid, M.MPd menyatakan bahwa praktek manasik ini merupakan manasik final sebelum pemberangkatan jemaah yang dijadwalkan masuk rombongan kloter 1 pada tanggal 11 Juni 2022.

 

"Bimbingan Manasik Haji untuk jemaah digelar selama lima hari. Pada Rabu pembukaan, Kamis s.d Minggu manasik di kecamatan masing-masing, dan finalnya hari ini di Mesjid Al Akbar dimana semua jemaah berkumpul dengan mengenakan pakaian ihram dan praktek langsung mengelilingi miniatur ka'bah, sa'i serta melempar jumrah," jelasnya panjang lebar.

 

Lebih lanjut Fahmi menjelaskan bahwa JCH yang berangkat tahun ini adalah JCH yang sudah mengalami penundaan keberangkatan selama dua tahun. Dalam waktu dua tahun tersebut, kegiatan manasik tetap dilaksanakan baik secara daring maupun luring untuk mengantisipasi keberangkatan yang kala itu masih belum ada kepastian.

 

"Alhamdulillah setelah penantian panjang, JCH kita akhirnya bisa berangkat tahun ini. Persiapan juga sudah matang. Selanjutnya kami mintakan kepada JCH untuk menjaga kesehatan agar saat dilaksanakan PCR jelang keberangkatan, semua jamaah hasilnya negatif dan bisa berangkat sesuai rencana," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments