Ka.Kankemenag: MTQ Kab. Balangan Tahun 2023 akan Digelar di Tebing Tinggi

 



Paringin (Kemenag Balangan) - "Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional Ke-16 Kab. Balangan Tahun 2023 akan digelar di Kec. Tebing Tinggi," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I, Minggu (22/5/22) di Aula Kecamatan Paringin Selatan.

 

Keputusan tersebut disampaikan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kab. Balangan sebagai tindak lanjut atas pelaksanaan MTQ Nasional Ke-15 Kab. Balangan Tahun 2022 dimana Kec. Paringin Selatan bertindak sebagai tuan rumah.

 

"Kec. Halong menjadi kecamatan cadangan apabila terjadi satu atau lain hal yang membuat Kec. Tebing Tinggi berhalangan dan tidak bisa menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan MTQ," tambahnya.

 

Dalam rapat yang dihadiri para Camat, Sekretaris Camat selaku Ketua LPTQ Kecamatan dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) 8 Kecamatan se-Kabupaten Balangan tersebut, dibahas berbagai permasalahan terkait pelaksanaan MTQ Ke-15 sebagai bahan evaluasi agar pelaksanaan MTQ di tahun mendatang menjadi lebih baik.

 

Masukan yang paling banyak disuarakan oleh peserta Rakerda adalah terkait penambahan waktu pelaksanaan MTQ dari 3 hari menjadi 4 hari, penyedian rumah kafilah oleh tuan rumah kecamatan dalam pelaksanaan MTQ, pengadaan gedung LPTQ Kecamatan, serta pengadaaan anggaran dana untuk pembinaan peserta MTQ sebagaimana yang dijanjikan oleh Bupati Balangan dalam sambutannya kala Pembukaan MTQ.

 

"Semua saran dan masukan yang diutarakan dalam Rakerda ini akan kami sampaikan ke pemerintah daerah, dalam hal ini Bupati dan Sekretaris Daerah, untuk menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) daerah serta program-program lainnya," ungkapnya.

 

Sementara Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam yang juga menjabat selaku sekretratis LPTQ Kab. Balangan Drs. H. Wahid Noor Fajeri menyampaikan ucapan apresiasi atas kinerja panitia pelaksana, terutama Camat Paringin Selatan yang telah luar biasa dalam berkoordinasi dan berkomunikasi sehingga semua tahapan pelaksanaan MTQ mulai dari persiapan hingga selesai dilalui dengan lancar.

 

"MTQ adalah kegiatan nasional yang melibatkan lintas sektor secara berjenjang, mulai dari kecamatan, kabupaten, provinsi sampai tingkat nasional hingga internasional secara berkesinambungan dan bukan milik Kemenag saja. Semoga koordinasi tetap terus terjalin untuk kemajuan LPTQ dan pelaksanaan MTQ," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments