Bahstul Masail Ummah, Ka.Kankemenag: Pembinaan Muallaf Butuh Langkah Strategis

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I mengatakan bahwa pembinaah muallaf khusunya di daerah pedalaman memerlukan langkah-langkah strategis, karenanya perlu diadakan musyawarah mendalam dari para tokoh demi menemukan solusi bersama.

 

"Melalui Bahstul Masail Ummah, dihasilkan beberapa poin keputusan serta rekomendasi tentang pembinaan muallaf, yang mana poin utamanya adalah perlunya ada lembaga khusus yang menangani pembinaan mualaf pedalaman dalam berbagai aspeknya pada setiap kabupaten di Kalimantan Selatan di bawah koordinasi MUI setempat," ujarnya dimintai keterangan usai mengikuti Bahstul Masail Ummah dengan tema Problematika dan Strategi Pembinaan Mualaf di Daerah Pedalaman Kalsel di Aula Benteng Tundakan, Kantor Bupati Balangan, Jumat  (24/6/2022) malam.

 

Selain itu menurut Saribuddin juga perlu diterapkan prinsip manajemen yang berkesinambungan dalam pembinaan mualaf pedalaman oleh lembaga terkait mulai dari pemrograman, pelaksanaan, evaluasi, bukan semata-mata kegiatan yang sifatnya temporal dan sporadik serta tidak memiliki target-target tertentu.

 

"Diperlukan pula kerja sama dengan lembaga pendidikan pondok pesantren yang ada di lingkungan kabupaten masing-masing agar dapat menampung para mualaf pedalaman untuk diberikan pembinaan intensif keagamaan di pondok melalui jalur beasiswa," tambahnya.

 

Sementara Bupati Balangan H. Abdul Hadi yang juga berhadir membuka acara mengatakan bahwa penduduk Balangan ada sekitar 132 ribu jiwa, 94,5 persen muslim dan sebagian adalah muallaf. Balangan sendiri memiliki kampung muallaf di Kecamatan Halong sejak 2013.

 

“Dengan adanya kegiatan Bahtsul Masail ini, saya berharap bisa memberikan dukungan dan solusi kepada para mualaf yang ada di Balangan," pungkasnya.

 

Bahstul Masail dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 24 s.d 25 Juni 2022, dan merupakan hasil kerjasama antara Universitas Islam Negeri (UIN) Banjarmasin dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Balangan. Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin dan Rektor UIN Antasari Banjarmasin yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Dr Akhmad Sagir.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments