Jelang Pensiun, Kasi PHU Sampaikan Pesan Kepada Kepada PNS Muda


 

Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. M. Fahmi Wahid, M.MPd. menyampaikan empat pesan penting kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS) muda di Kemenag Balangan mengingat statusnya yang akan pensiun sebentar lagi.

 

"Saya sudah mengabdi di Kemenag selama 30 tahun 5 bulan, dan 2 bulan lagi saya pensiun. Nantinya para PNS muda yang penuh semangat lah sebagai penyambut tongkat estafet dari generasi terdahulu ke generasi mendatang melanjutkan tugas sebagai abdi negara," ujarnya memberikan amanat saat menjadi pembina pada apel Senin (27/06/22) pagi di halaman Kantor Kemenag Balangan.

 

Pada apel yang diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Kemenag Balangan tersebut, Fahmi pertama berpesan agar PNS tidak hanya pintar dan kreatif, namun juga harus memiliki kecerdasan sosial.

 

"Artinya kita harus bisa menularkan ilmu, kemampuan dan keterampilan yang dimiliki kepada sesama rekan kerja dan masyarakat. Jangan jadi PNS yang meskipun pintar, tapi tidak diperlukan orang banyak karena tidak bisa bersosialisasi," ujarnya.

 

Kedua Fahmi berpesan agar PNS bisa melaksanakan amanah pekerjaan dengan sebaik-baiknya. "Kerjakan tugas sungguh-sungguh, jangan asal-asalan agar menghasilkan pekerjaan yang benar-benar bermutu dan berkualitas baik itu tugas administrasi maupun tugas lain yang diperintahkan pimpinan," tambahnya.

 

Ketiga Fahmi meminta ASN, terutama yang menjabat sebagai pimpinan agar menguasai prinsip manajemen berupa perencanaan, organising dan controlling, terutama dalam pelaksanaan suatu kegiatan.

 

"Suatu pekerjaan akan berjalan lancar apabila menempatkan orang yang benar di posisi yang benar. Bagi tugas dengan teman2 yang lain demi mencapai tujuan bersama. Jangan menggunakan manajemen bakso, dimana mulai dari membeli daging sampai menjual dilakukan sendiri," paparnya.

 

Terakhir Fahmi meminta ASN untuk menanamkan mindset disiplin di dalam hati dan diri. "Aturan dan kebijakan itu meski berubah seperti apapun, meski kelihatannya merupakan suatu kelonggaran, jangan pernah hilangkan sikap disiplin di dalam diri. Kalau ada perintah, segera laksanakan agar nantinya bisa punya waktu mengerjakan hal lain yang mungkin datang belakangan," ungkapnya.

 

Fahmi selanjutnya mengatakan meski nanti pensiun, namun siap membantu berbagi pengalaman dan ilmu yang dimiliki kepada PNS lain yang memerlukan arahan dan bimbingan.

 

"Semoga pesan yang saya sampaikan kali ini, meski tidak semuanya, bisa menjadi bahan renungan demi menjadikan diri pribadi yang lebih baik," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments