Ka.Kankemenag: Da'i Kamtibmas Bentuk Nyata Sinergi Kemenag dan Aparat Keamanan

 



Banjarmasin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan bahwa keberadaan Da'i Kamtibnas merupakan wujud nyata sinergitas antara kemenag dengan aparat kemanaan, dalam hal ini kepolisian, tentang usaha mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat dengan pendegakan agamis.

 

"Da’i Kamtibmas berperan sebagai ujung tombak dalam melaksanakan fungsi preventif atau pencegahan terhadap berbagai ancaman yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat, baik ancaman tindak pidana, terorisme maupun ancaman dari kelompok-kelompok radikal," ujarnya saat dimintai keterangan usai menghadiri kegiatan Tatap Muka Kapolda Kalsel dengan Da'i Kamtibnas Bhayangkara se-Kalimantan Selatan di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Rabu (22/06/22).

 

Saribuddin menambahkan bahwa para Da'i Kamtibmas yang sebagai berasal dari para penyuluh merupakan tokoh-tokoh yang disegani masyarakat, sehingga pesan yang disampaikan para pemuka agama ini akan lebih mudah diterima masyarakat.

 

"Maka mereka bisa turut membantu penyampaikan pesan dari para aparat keamanan dalam bentuk pendekatan yang lebih humanis serta membangun komunikasi dengan umat dengan bahasa yang mudah dipahami. Seberat apapun persoalannya, para da’i harus bisa menyampaikan pada masyarakat dengan ringan, sejuk, dan damai. Nah ini akan membuat masyarakat tenteram dan nyaman," tambahnya.

 

Sementara Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kankanwil) Kemenag Prov. Kalimantan Selatan Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd disambutannya  mengucapkan terima kasih, atas apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kapolda dan Wakapolda Kalsel beserta jajaran atas amanah yang diberikan kepada Da’i, Penceramah, dan Penyuluh Agama Islam yang berada dibawah binaan Kankemenag Kalsel sebagai Da’i Kamtibmas. 

 

“Disinilah bentuk sinergi Kemenag dan Kepolisian Daerah, semoga memberikan manfaat dalam merawat kebhinekaan kehidupan keberagamaan di Kalsel menjadi lebih kondusif, tenang, tentram, dan harmoni,” pungkasnya.

 

Dalam acara tersebut diadakan pula penandatangan nota kesepakatan (MoU) antara Polda Kalsel dengan Kanwil Kemenag Kalsel yang salah satu poinnya berkaitan dengan Da'i Kamtibnas.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments