Ka.Kankemenag: SMART Kemenkeu Wujudkan Transparansi Keuangan

 



Banjar (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan bahwa Aplikasi SMART yang diluncurkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berperan penting untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas keuangan di satuan kerja (satker) apabila operator memahami dengan betul cara pengoperasiannya.


"Aplikasi SMART adalah aplikasi berbasis web yang dibangun guna memudahkan satker dalam monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran. Dengan pengisian data entry yang baik diharapkan juga bisa menghasilkan laporan keuangan yang apik," ujarnya dimintai keterangan saat menghadiri Bimbingan Teknis Entri Data Smart Kemenkeu di Lingkungan Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Senin (06/06/22) di Hotel Delima Kabupaten Banjar.

 

Selanjutnya Saribuddin meminta satker di lingkungan Kemenag Balangan untuk bisa mencapai target realisasi anggaran sampai akhir bulan Juni minimal 75%, dimana serapan yang maksimal juga harus diiringi dengan laporan keuangan yang tepat waktu dan tepat pengisian.

 

"Jadi harap ikuti kegiatan bimbingan dengan baik agar bisa memahami teknik-teknik pengoperasian, pengisian dan penginputan melalui aplikasi SMART demi dapat meningkatkan kinerja para operator," pesannya.

 

Sementara Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr. H. Muhammad Tambrin M.M.Pd yang berhadir membuka kegiatan meminta kepada Kepala Kantor Kemenag untuk mengetahui ukuran evaluasi kinerja serta rencana anggaran, sehingga antara pelaksanaan kegiatan anggaran dengan kinerja itu balance.

 

"Seluruh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) harus memahami  Indikator  Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) dan cara untuk mendapatkan nilai IKPA, sehingga penting adanya kebersamaan antara pimpinan dengan operator selaku pelaksana demi menghasilkan serapan anggaran dan kinerja yang berimbang," tutupnya.

 

Bimbingan Teknis Entri Data Smart Kemenkeu di Lingkungan Kemenag Prov. Kalsel diikuti sebanyak 173 peserta yang terbagi  menjadi 5 wilayah dan akan berlangsung dari tanggl 6 s.d 10 Mei. Selain Ka.Kankemenag, turut hadir dari Kankemenag Balangan Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Subbag TU) Harmainor, S.Pd.I, MM dan Hartudin, SE selaku Pranata  Keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)  pada Kantor Kemenag Balangan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments