Berbenah Revitalisasi KUA, Ka.Kankemenag: Perlu Monev Berkesinambungan

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan dalam persiapan berbenah menuju Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA), perlu monitoring dan evaluasi (monev) berkesinambungan dari Kakankemenag khusunya bagian Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam agar bisa memantau proses dan perkembangannya.

 

"Wacana Revitalisasi KUA telah muncul sejak tahun lalu. Namun apabila tidak ada monitoring berkepanjangan maka wacana hanya akan tinggal wacana. Kita harus lihat sejauh mana kemajuannya, seperti pencarian lokasi tanah serta kepemilikan sertifikatnya," ujarnya saat melakukan Monitoring dan Evaluasi Program Revitalisasi KUA Tahun 2022 di KUA Kec. Paringin, Senin (04/07/22).

 

Dalam monev yang yang juga diikuti Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam Drs. H. Wahid Noor Fajeri beserta staffnya, Saribuddin menyampaikan bahwa monitoring digelar untuk memberikan motivasi bagi seluruh jajaran KUA dalam meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat.

 

“Tanpa adanya kerjasama yang baik dari seluruh pihak revitalisasi KUA tidak akan berjalan dengan baik dan menghasilkan outcome yang diinginkan,” tegasnya.

 

Sementara Wahid selaku Kasi Bimas Islam mengungkapkan tujuan revitalisasi KUA. “Pertama, meningkatkan kualitas umat beragama, kedua memperkuat peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagamaan, ketiga memperkuat program dan layanan keagamaan dan keempat untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan,” tutupnya.

 

Kegiaan monev dilaksanakan selama 4 hari pada tanggal 4 s.d 7 Juli 2022 dengan mengunjungi 8 KUA Kecamatan se-Kab. Balangan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments