HANI 2022, Ka.Kankemenag Balangan Apresiasi Tambahan Tiga Desa Bersinar

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan melalui Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Rahmadi, S.Pd.I, MM mengapresiasi adanya penambahan tiga Desa Bersih dari Narkoba (Bersinar) di Kab. Balangan dari yang sebelumnya ada tiga desa.

 

"Artinya ada penurunan dalam kasus penyalahgunaan narkoba di daerah, dan masyarakat Balangan mulai sadar bahaya narkoba," ujarnya dimintai keterangan usai menjadi pemimpin doa pada acara Kampanye dan Pagelaran Seni yang diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Balangan dalam rangka memeriahkan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2002 di Aula Mayang Maurai, Senin (11/07/22).

 

Penurunan tersebut menurut Rahmadi tidak lepas dari kerja sama banyak pihak terutama BNN selaku leading sektor dan pemerintah daerah yang tidak pernah lelah mengkampanyekan pencegahan dan pemberantasan peredaran narkoba, baik di lingkup masyarakat, sekolah, serta keluarga.

 

"Kemenag Balangan juga selalu siap berkoordinasi, terutama dalam pendekatan keagamaan kepada masyarakat untuk memahamkan bahwasanya penggunaan narkoba dilarang oleh semua agama, dan hanya akan membawa keburukan dibanding kemaslahatan. Mudah-mudahan masyarakat khususnya remaja di Bumi Sanggam tidak terjerumus dalam narkoba, namun menyibukkan diri menggapai prestasi demi membawa nama harum daerah, " harapnya.

 

Dalam acara tersebut, Bupati Balangan H. Abdul Hadi yang juga berhadir mengatakan pemerintah daerah sangat menyambut baik peringatan HANI, sebagai bentuk perang melawan narkoba di Bumi Sanggam.

 

"Pemerintah daerah sangat menyambut baik peringatan HANI, perang melawan narkoba di Banua kita. Harapan kita kedepan, semoga dengan adanya launching Desa Bersinar kita memulai perang narkoba dari desa, sehingga desa-desa kita bisa menjadi pilot project bebas narkoba di Kabupaten Balangan," pungkasnya.

 

Sebelumnya Kepala BNNK Balangan, Faisal Sidiq mengungkapkan program Desa Bersinar ini sudah berlangsung 3 tahun. Pada tahun 2020, launching 1 Desa Kupang Kecamatan Lampihong. Untuk Tahun 2021 ada 2 desa, yaitu Desa Muara Jaya Kecamatan Awayan dan Desa Batumerah Kecamatan Lampihong. Kemudian 2022, Desa Sumsum Kecamatan Tebing Tinggi, Desa Matang Hanau Kecamatan Lampihong dan Desa Lingsir Kecamatan Paringin Selatan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments