Pelaksanaan Matsama, Kasi Penmad Pinta Siswa Junjung Sikap Toleransi

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Rahmadi, S.Pd.I, MM meminta para siswa baru agar menjunjung tinggi sikap toleransi dalam bersosialisasi dengan teman sebaya, terlebih saat berada di lingkungan yang baru.

 

"Kita harus menjunjung tinggi ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan umat Islam, ukhuwah wathaniyah yaitu persaudaraan bangsa, dan ukhuwah basyariyah atau persaudaraan umat manusia dimanapun berada, termasuk di lingkungan tempat belajar," ujarnya saat membuka kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Balangan, Selasa (19/07/22).

 

Rahmadi yang juga menjabat sebagai Plh. Kepala MAN 1 Balangan menjelaskan bahwa tahun ini ada 88 siswa baru, dimana peserta didik baru tersebut tersebar luas dari tiga kabupaten yaitu dari Kab. Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara serta dari Balangan.

 

"Jadi kami patut berbangga dan berani menyatakan bahwa MAN 1 Balangan termasuk salah satu madrasah favorit dengan persaingan yang kompetitif, sehingga sebaran peserta didik bisa sampai mencakup tiga kabupaten. Ketiga daerah memiliki kekhasan masing-masing dan mungkin ada adat kebiasaan yang berbeda, jadi para siswa haru bisa menghargai perbedaan tersebut," tambahnya.

 

Selanjutnya Rahmadi berpesan agar siswa harus senantiasa rajin belajar dimanapun berada, meningkatkan prestasi yang telah diperoleh di tingkat sekolah menengah pertama, agar bisa membawa harus nama MAN 1 Balangan pada kesempatan di masa datang.

 

“Selamat bergabung di madrasah ini, kalian merupakan kebanggaan bagi orang tua kalian maka buktikanlah dengan belajar yang tekun dan meraih berbagai prestasi di madrasah ini,” pungkasnya.

 

Kegiatan Matsama di MAN 1 Balangan berlangsung selama tiga hari yaitu pada Senin - Kamis tanggal 19 s.d 21 Juli 2022.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments