Ka.Kankemenag: Gema Al-Qur'an Peluang Mengasah Kemampuan Membaca Al-Qur'an

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I  menyatakan bahwa keberadaan ajang Gema Al-Qur'an merupakan kompetisi positif sebagai sebuah peluang untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan dalam membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar.

 

"Kompetisi ini bukan hanya tentang meraih juara, tetapi juga tentang memahami dan merenungkan makna dari setiap ayat yang dibaca," ujarnya saat memberikan arahan dalam Rapat Persiapan Pelaksanaan Gema Al-Qur'an Tahun 2023 di Kab. Tanah Laut bertempat di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Kamis (31/08/23).

 

Selain itu, Saribuddin juga menyoroti pentingnya semangat persaingan yang sehat dan sportivitas. Semangat bersaing harus selalu diimbangi dengan sikap penghormatan terhadap peserta lainnya.

 

"Mari tunjukkan semangat persaingan yang positif dan hormati setiap peserta, apapun hasilnya," tambahnya.

 

Tentang persiapan teknis, Saribuddin mengingatkan bahwa tim kerja dari LPTQ Kab. Balangan harus memastikan bahwa persiapan acara berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.

 

"Semua detail teknis, seperti jadwal, peralatan yang dibawa harus diperhatikan dengan baik karena ini acara di luar kabupaten, jadi berkas peserta yang mesti dibawai harus lengkap," tegasnya.

 

Terakhir Saribuddin memaparkan bahwa kegiatan seperti Gema Al-Qur'an memiliki peran penting dalam mempromosikan penghormatan terhadap Al-Qur'an dan memupuk minat serta keterampilan dalam membacanya.

 

"Semoga acara Gema Al-Qur'an akan menjadi momen yang bermakna dalam memperkuat cinta terhadap Al-Qur'an di kalangan masyarakat Kabupaten Balangan," harapnya.

 

Sementara Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Drs. H. Wahid Noor Fajeri menyatakan bahwa Gema Al-Qur'an Tahun 2023 di Kab. Tanah Laut akan berlangsung selama 3 hari pada tanggal 5 s.d 7 September 2023.

 

"Cabang-cabang yang akan dilombakan dalam acara ini termasuk Tilawah Anak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa, Qiraat Mujawaad, dan Tahfiz 10 juz. Total ada 10 cabang kompetisi yang akan melibatkan peserta putra dan putri," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments