Kemarau Panjang, Kemenag Balangan Gelar Shalat Istisqa

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kab. Balangan menggelar pelaksanaan Sholat Istisqa di Mesjid Agung Al Akbar, Kamis (07/09/23).

 

Kepala Kankemenag Kab. Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I saat dimintai keterangan menjelaskan bahwa shalat Istisqa adalah salah satu doa yang dipanjatkan oleh umat Islam saat mengalami musim kemarau panjang dan kekurangan hujan. Hal ini dilakukan sebagai upaya spiritual untuk memohon turunnya hujan sebagai rahmat dari Allah SWT.

 

"Shalat ini menjadi sangat penting mengingat daerah Balangan telah mengalami kekeringan yang berkepanjangan, mengakibatkan dampak serius terhadap kehidupan warga dan pertanian sehingga digelarlah shalat untuk memohon hujan kepada Allah SWT," ujarnya.

 

Saribuddin mengingatkan pentingnya berdoa dengan tulus dan sungguh-sungguh untuk memohon hujan kepada Allah SWT. Beliau menekankan bahwa saat-saat seperti ini adalah saat yang tepat untuk memperkuat hubungan spiritual dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

 

"Musim kemarau yang berkepanjangan telah memberikan dampak serius pada sektor pertanian dan kehidupan sehari-hari masyarakat. Hari ini, kita berkumpul bersama sebagai umat Muslim untuk bersama-sama memohon kepada Allah SWT agar mengirimkan hujan sebagai rahmat-Nya," tambahnya.

 

Selain itu acara Shalat Istisqa ini merupakan wujud solidaritas dan kebersamaan masyarakat Kabupaten Balangan dalam menghadapi tantangan alam yang menguji ketahanan mereka.

 

"Semoga doa bersama ini akan membawa berkah hujan yang dinantikan untuk pertanian dan kesejahteraan seluruh warga Kabupaten Balangan," harapnya.

 

Shalat Istisqa diikuti oleh para karyawan Kemenag Balangan, Kepala Madrasah dan Kepala KUA, serta sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat. Shalat istisqa digelar serentak di seluruh Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan tepat pukul 7 pagi.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments