Ka.Kankemenag Pinta KUA Ikuti dan Sampaikan Informasi Umrah Terbaru

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I meminta agar Kantor Urusan Agama (KUA) tiap kecamatan bisa mengikuti tiap informasi perkembangan urmah terbaru, supaya bisa menjadi wadah bagi masyarakat yang ingin mengetahui umrah, baik pendaftaran maupun keberangkatan.

 

"KUA menempati posisi yang strategis di tengah masyarakat sebagai perpanjangan tangan Kantor Kemenag Agama, sehingga diharapkan bisa meng-update akan info-info terbaru tentang umrah, seperti perkembangan terakhir menyangkut langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah terkait penyelenggaraan ibadah umrah serta haji," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Kamis (20/1/22).

 

Lebih jauh menurut Saribuddin, KUA melalui Penyuluh bisa menyebarkan informasi terkait penyelenggaraan haji khusus dan umrah melalui pengajian, majelis taklim, desa binaan dan forum keagamaan lainnya.

 

"Selain itu KUA diharapkan bisa meluruskan informasi yang berkembang salah di masyarakat sehingga hoaks tentang penyelenggaraan haji dan umrah bisa diminimalisir,” tambahnya.

 

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Kemenag Republik Indonesia (RI) baru saja mengeluarkan KMA Nomor 1322 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perjalan Ibadah Umrah pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 terbit menggantikan KMA Nomor 710 Tahun 2020, dan Saribuddin meminta KUA bisa ikut berperan dalam proses sosialisasinya.

 

"Terlebih di masa pandemi, tidak perlu datang langsung ke Kantor Kemenag, masyarakat yang jauh dari kota bisa menghubungi KUA di kecamatan untuk mengetahui informasinya," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments