Ka.Kankemenag: Kegiatan Peribadatan Ramadhan Boleh Memuat Jemaah 100%

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan bahwa kegiatan keagamaan di tempat ibadah selama bulan Ramadhan 1443 H meski masih pada situasi pandemi Covid-19 boleh memuat jemaah dengan kapasitas 100%.

 

"Hal itu berlaku untuk Kabupaten/Kota dengan kriteria Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berada di level 1," ujarnya mengutip isi Surat Edaran (SE) Menteri Agama No SE. 06 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Kegiatan Peribadatan/Keagamaan di Tempat Ibdah pada Masa PPKM Level 3, Level 2 dan Level 1 Covid-19 serta Penerapan Protokol Kesehatan (prokes) saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Senin (04/04/22).

 

Sementara untuk Kab/Kota yang berada di PPKM level 2, maka tempat ibadah boleh memuat kapasitas jemaah sebanyak 75 % dan daerah di PPKM level 3 dapat mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjemaah/kolektif dengan jumlah jemaah paling banyak 50%.

 

"Tentunya baik level 1, 2 ataupun 3, pelaksanaan kegiatan keagamaan tetap harus memperhatikan prokes," tambahnya.

 

Selanjutnya Saribuddin meminta para pengurus dan pengelola tempat ibadah untuk mengawasi penerapan prokes, yaitu dengan menyediakan hand sanitizer dan masker, mendisinfeksi ruangan pelaksanaan kegiatan ibadah, serta memastikan dalam pelaksanaan khutbah, ceramah atau tausiyah diselipkan pesan pentingnya menjaga kesehatan dan mematuhi prokes.

 

"Jamaah yang datang juga harus menggunakan masker dan dalam kondisi sehat, serta membawa perlengkapan peribadatan masing-masing," ujarnya.

 

Lebih jauh Saribuddin berpesan kepada para Kepala Madrasah, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), penghulu dan penyuluh agama, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk senantiasa melakukan sosialisasi dan pemantauan  disiplin penerapan prokes dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

 

"Tahun ini kita sudah bisa beribadah Ramadhan lebih leluasa dibanding dua tahun berikutnya. Semoga di tahun-tahun ke depan bisa menjadi lebih baik," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments