Ketua DWP: Komunikasi Cerdas Bunda akan Wujudkan Keluarga Bahagia

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Hj. Siti Aminah Saribuddin menyampaikan bahwa kunci untuk mewujudkan keluarga bahagia adalah dengan membangun komunikasi yang baik antar anggota keluarga, terutama dari ibu kepada anak/suaminya.

 

"Ibu berperan besar dalam menciptakan suasana harmonis di dalam rumah. Kepiawaian ibu dalam membuat pola-pola komunikasi atas masalah yang muncul sangat penting agar keresahan yang dirasakan oleh masing-masing anggota keluarga dapat diatasi," ujarnya usai mengikuti  Webinar Nasional dalam rangka memperingati hari Kartini Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama RI dengan Tema “Cerdas Bersikap, Berkomunikasi dan Berinteraksi Menuju Keluarga Bahagia” via zoom meeting, Jum'at (22/04/22).

 

Aminah menambahkan bahwa komunikasi dalam keluarga tidak hanya terbatas antara ibu dengan anak atau ibu dengan ayah, namun tidak jarang pula ditemui kasus dimana ibu menjadi seseorang yang menjembatani komunikasi keluarga, misalnya komunikasi antara ayah dan anaknya.

 

"Diharapkan ke depannya seorang ibu bisa bersikap cerdas tidak hanya di lingkungan keluarga, namun juga bagaimana bersikap baik terhadap sesama, berinteraksi dengan orang lain, sehingga bisa mewujudkan kebahagiaan dalam kehidupan bersama keluarga, kolega dan masyarakat secara luas," harapnya.

 

Sementara Penasihat DWP Kemenag RI, Eny Yaqut Cholil dalam sambutannya pada  acara webinar  menyampaikan bahwa komunikasi harus dijalin dan dipelajari karena banyak kejadian atau masalah yang bermula dari kurang mempunyai komunikasi yang baik dalam keluarga, dan itu akan sulit dijalin jika masing-masing anggota keluarga kurang memahami cara berkomunikasi dengan baik.


“Jadi tema Webinar ini dipilih karena kita sebagai istri pendamping suami, sebagai ibu dan tentunya sebagai bagian masyarakat yang luas maka perempuan dituntut untuk terus belajar serta mempelajari banyak ilmu pengetahuan untuk dapat meningkatkan kualitas diri dan menyadari potensi yang ada dalam dirinya," pungkasnya.

 

Acara Webinar digelar secara nasional dan diikuti oleh Ketua DWP unsur Pelaksana, Ketua DWP Kanwil Kemenag Provinsi, Ketua DWP PTKN, Ketua DWP Kankemenag Bakangan, Ketua DWP UPT Asrama Haji, serta Ketua DWP Balai Diklat Keagamaan dan Balai Litbang Agama se-Indonesia.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments