Kasi PAKIS: KKG dan MGMP PAI Harus Bisa Optimalkan Peranannya

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Keksi (Kasi) Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Syamsuri Arsyad, M.Fil.I  berharap organisasi Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) bisa mengoptimalkan peranannya untuk manampung aspirasi anggota.

 

"Kami ingin KKG dan MGMP PAI bisa berdaya guna, agar segala persoalan guru PAI bisa diayomi atau setidaknya menjadi wadah menerima suara anggotanya. Baru nantinya KKG dan MGMP bisa melaporkan permasalahan tersebut ke instansi terkait," ujarnya saat memberikan arahan pada Kegiatan Pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi Seksi PAKIS KKG dan MGMP Guru PAI Kabupaten di Meeting Room Arraudah Resto and Water Park, Selasa (19/07/22).

 

Syamsuri menjelaskan bahwa Guru PAI sejatinya unik dan berbeda dibanding guru lain karena memiliki dua induk instansi, yaitu Kantor Kemenag dan Dinas Pendidikan. Oleh karena itu permasalahan yang beragam juga menghadapi penyelesaian yang berbeda dengan tempat tujuan penyelesaian yang tidak sama, sehingga KKG harus bisa mengklasifikasikan aspirasi yang dihadapi mesti diarahkan kemana agar mendapatkan penyelesaian yang diharapkan.

 

"Kehadiran KKG dan MGMP PAI sebagai wadah kegiatan profesional guru diharapkan dapat menyamakan visi dan persepsi dalam menentukan sikap dan tindakan terhadap aneka masalah tersebut sehingga dapat diambil solusi yang tepat, efektif dan efisien," harapnya.

 

Sementara Kepala Kankemenag Kab. Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I yang berhadir membuka acara berharap melalui KKG dan MGMP guru PAI dapat berinovasi dalam pembelajaran sehingga mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.

 

"Peranan KKG dan MGMP PAI sangatlah penting terutama dalam rangka peningkatan mutu dan profesionalisme pendidik. Guru PAI diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam pada sekolah umum," pungkasnya.

 

Kegitan pemantauan dan evaluasi juga dihadiri pengawas PAI Kankemenag Balangan H. Tajriannor dan peserta Guru PAI Kab. Balangan sebanyak 40 orang.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments